Thursday 2 October 2014

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat (Perawatan dari Rumah)

Kebanyakan orang menemukan diri mereka memiliki jerawat di beberapa titik, apakah itu karena hormon atau stres. Berlawanan dengan kepercayaan umum, jerawat tidak berarti kulit Anda kotor atau tidak bersih - pada kenyataannya, over-cleansing dapat mengiritasi kulit Anda lebih parah. Namun, hormon tidak bisa dikendalikan, dan ada perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat Anda. Anda dapat memiliki kulit bersinar, sehat, dan kulit bebas jerawat dalam waktu singkat.
Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 1

1 Cuci wajah Anda dua kali sehari.

Langkah pertama untuk mendapatkan kulit yang bersih adalah dengan melaksanakan rutinitas membersihkan secara teratur. Upayakan dan paksa diri Anda untuk mencuci wajah ketika bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Jika Anda lelah atau sibuk, ambil beberapa menit ekstra untuk merawat kulit Anda yang akan mengurangi jerawat secara signifikan.
  1. Cuci wajah Anda setidaknya selama satu menit. Waktu tersebut dibutuhkan untuk membunuh semua bakteri penyebab jerawat.
  2.  Jika Anda memiliki jerawat di bagian lain dari tubuh Anda seperti bahu, punggung, dan dada, gosoklah bagian tersebut dua kali sehari.
  3. Jika Anda memakai make-up, janganlah pernah pergi ke tempat tidur tanpa mencuci wajah anda. Tidur dengan riasan adalah cara yang pasti untuk meningkatkan jerawat hal ini mempersulit dalam menyingkirkan jerawat. Gunakan makeup remover bebas minyak sebelum mencuci dengan pembersih biasa untuk memastikan semua makeup telah bersih.

 
Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 2

 2 Gunakan produk dengan benzoil peroksida.

Anda dapat menggunakan benzoil peroksida dalam bentuk sabun atau lotion di daerah rawan jerawat Anda. Produk ini berfungsi untuk membersihkan kulit mati dan membantu kulit Anda untuk menumbuhkan sel baru dan bersih lebih cepat. Carilah produk yang mengandung 3% atau kurang benzoil peroksida untuk menghindari iritasi kulit Anda
Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 3

3 Coba produk dengan asam salisilat.

Asam ini, mirip dengan benzoil peroksida, bekerja untuk mengelupaskan (untuk menyingkirkan) sel-sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan kulit baru. Efek sampingnya, Anda mungkin mengalami kulit kering  di sekitar jerawat Anda, tetapi ini akan menghilang dari waktu ke waktu ketika kulit Anda mulai beregenerasi lebih cepat. Gunakan produk ini dalam perawatan sehari-hari pada bagian disekitar jerawat. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 4

4 Gunakan pembersih yang mengandung sulfur.

Meskipun kita tidak tahu persis mengapa belerang bekerja sebagai penghilang jerawat, tapi itu berhasil. Carilah produk yang mengandung sulfur untuk membersihkan jerawat Anda, yang juga bisa mengurangi minyak berlebihan.
 Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 5

5 Gunakan retinoid.  

Pembersih retinoid mengandung kadar vitamin A yang sangat tinggi, yang membantu untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan melarutkan kotoran. Anda dapat membeli produk retinoid di apotek atau mendapatkan resep dari dokter Anda.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 6

6 Cari produk yang mengandung asam azelaic.  

Azelaic acid merupakan antibakteri yang juga membantu mengurangi kemerahan dan peradangan dan ditemukan secara alami dalam gandum dan jelai. Jika jerawat Anda cenderung meninggalkan bekas hitam pada kulit Anda, cobalah produk yang menggunakan asam azelaic untuk membersihkan pori-pori Anda dan mengurangi bintik-bintik gelap akibat jerawat.

Silahkan klik disini untuk membaca artikel tentang  Bagaimana cara Menghilangkan Jerawat (Pengobatan di dokter kulit atau Spa)

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 7

7 Gunakan paket perawatan

Paket Perawatan adalah produk khusus untuk bintik-bintik jerawat Anda bukan keseluruhan wajah Anda. Beli paket perawatan dari apotek setempat atau bisa membuat sendiri menggunakan produk Anda dari yang telah Anda miliki di rumah Anda.
  1. Buatlah pasta dari baking soda dan air dan oleskan ke jerawat Anda. Lakukan malam hari sebelum tidur dan bilas di pagi hari untuk membersihkan bakteri dan gosok untuk menghilangkan kulit mati.
  2. Tablet Aspirin dapat dicampur dengan air dan kemudian dimasukkan pada jerawat Anda untuk mengurangi kemerahan dan bengkak.
  3. Dalam keadaan darurat, coba gunakan pemutih pasta gigi untuk mengeringkan jerawat dan mengurangi kemerahan.


Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 8

8 Gunakan masker wajah.

Masker wajah mengandung senyawa yang menenangkan kulit Anda dan membunuh bakteri. Menggunakan masker wajah 2-3 kali seminggu selama 15-20 menit untuk mengeringkan kulit Anda dan membersihkan pori-pori Anda. Beli masker wajah dari salon kecantikan Anda atau toko obat, atau membuat sendiri di rumah.
  1. Oleskan "masker" minyak zaitun pada wajah Anda. Berikan kulit Anda beberapa lapisan dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat, pastikan untuk menghapus semua sisa minyak.
  2. Buat campuran mentimun dan oatmeal. Mentimun membantu mengurangi kemerahan dan melawan bintik-bintik gelap sementara oatmeal melembutkan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Campur keduanya bersama-sama dalam food processor sampai membentuk pasta, dan kemudian gunakan ke kulit Anda selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  3. Gosok madu secara tipis ke dalam kulit Anda, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.
  4. Coba gunakan putih telur untuk membersihkan dan menutup pori-pori besar. Pisahkan kuning telur dari satu atau dua telur, kocok putih sedikit, dan gunakan pada wajah Anda. Anda akan merasa pori-pori Anda kencang karena mengering, biarkan sampai benar-benar kering. Bilas putih telur dengan air hangat.

9 Gunakan minyak esensial untuk jerawat aktif.

Beberapa minyak esensial yang dianggap memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan setetes pada setiap tempat, atau kapas basah dan mengusapnya bagian yang bermasalah. Beberapa pilihan populer adalah lavender, rosemary, thyme, dan cendana.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 10

10 Lakukan eksfoliasi pada wajah Anda

Eksfoliasi adalah produk scrubbing ringan yang bekerja untuk mengelupaskan (untuk menyingkirkan) sel-sel kulit mati yang membangun dan menyebabkan jerawat. Beli terkelupas ringan di toko obat Anda atau bisa membuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga.
  1. Buatlah pasta dari baking soda dan air (mirip dengan titik perawatan) dan dengan lembut gosok dengan gerakan melingkar di sekitar wajah Anda. Hal ini akan membunuh bakteri dan mengangkat sel kulit mati secara bersamaan.
  2. Jika Anda memiliki kulit sensitif, pertimbangkan untuk menggunakan oatmeal sebagai eksfoliasi. Campur oatmeal dengan madu dan gosokkan ke wajah Anda selama 2-3 menit, dan dengan lembut bilaslah dengan air hangat.
  3. Untuk kulit sangat kering, gunakan bubuk kopi dicampur dengan pembersih wajah biasa. Penggosokan dengan kasar akan memberikan dampak eksfoliasi lebih kasar, sementara gosoklah dengan halus untuk kulit sensitif.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat 11

11 Gunakan minyak telur

Minyak dari Kuning telur mengandung immunoglobulin yang membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Asam lemak Omega-3 membantu secara alami menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas luka.
  1. Oleskan minyak telur pada daerah sekitar jerawat dua kali sehari, pijat lembut selama 2-3 menit.
  2. Biarkan selama satu jam dan kemudian cuci dengan facewash ringan.
  3. Lanjutkan penggunaan sampai jerawat benar-benar sembuh dan terus menerus (tidak terputus), nanti kulit yang sehat akan muncul. Menghentikan di pertengahan jalan dapat menyebabkan jerawat menyebar lagi.

12 Coba minyak pohon teh.  

Minyak pohon teh merupakan antibakteri yang dapat membantu membersihkan mikroba penyumbat kulit Anda. Oleskan minyak ke kapas, dan dengan lembut oleskan untuk setiap jerawat. Hindari terlalu banyak menggunakan minyak pohon teh. Hal itu akan membakar kulit Anda, dan akan membuat kulit menjadi merah.

13 Gunakan toner setelah pembersihan.  

Setelah Anda mencuci wajah Anda, eksfoliasi, atau menggunakan masker wajah, oleskan toner untuk keseluruhan wajah Anda. Toner bekerja untuk mengencangkan pori-pori sehingga lebih kecil kemungkinannya kotoran dan minyak akan terjebak di dalamnya. Beli toner jerawat di apotek setempat, atau menggunakan witch hazel atau cuka sari apel dioleskan pada bola kapas. Jangan bilas toner setelah penggunaan. Hal ini memungkinkan toner tetap menempel kulit Anda

14 Selalu oleskan pelembab.  

Kulit berminyak memproduksi jerawat, dan jika kulit Anda sangat kering tubuh Anda akan memberikan kompensasi dengan menciptakan minyak ekstra. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan pelembab yang lembut setelah Anda mencuci wajah Anda setiap pagi dan sore hari. Oleskan pelembab pasca toner.